Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong, pura diatas batu berlubang yang berhadapan dengan selat lombok

Pura Batu Bolong adalah sebuah pura kecil yang letaknya masih berada di kawasan wisata Pantai Senggigi, Mataram, Lombok Barat, NTB. Pura ini terletak di atas sebuah batu karang yang berwarna hitam di pantai senggigi serta memiliki lubang atau bolong di bagian tengahnya.Letak posisi pura ini menjorok ke laut sehingga sekilas mengingatkan para pengunjung yang datang akan keberadaan sebuah pura yang mempunyai karakteristik yang sama yakni Pura Tanah Lot di pulau dewata Bali.

Pura Batu Bolong4Pura Batu Bolong3Pura Batu Bolong2

Terdapat 2 buah pura diatas batu karang hitam ini satu pura yang letaknya di bawah pohon ridang yang akan pertama pengunjung temukan saat datang dan satu lagi pura yang terletak di atas batu bolong yang merupakan pura utama dan sering di sebut pura batu bolong para pengunjung di haruskan memakai kain kuning selama berada dalam pura ini untuk menghormati pura yang merupakan tempat peribadatan suci umat hindu. Selain itu para wanita yang sedang mendapatai halangan tidak di perkenankan memasuki pura batu bolong.

Ombak yang menghantam batu karang lalu menyenilap masuk melewati lubang batu karang yang bolong membuat para pengunjung dibuat takjub. Masyarakat umat hindu sering melakukan kegiatan ngaturang bakti atau sembahyang dan beribadah di kota ini karena Pura yang ke depan berhadapan dengan selat lombok serta gunung agung yang terletak di Bali membuat suasana pura di lingkupi suasana religius yang tinggi sehingg nyaman untuk melakukan kegiatan ngaturaning bakti.

Menurut legenda yang di dapat dari cerita turun temurun masyarakat setempat, jaman dahulu Pura ini sering di jadikan tempat para perempuan muda yang patah hati menerjunkan dirinya ke laut. Selain itu menurut kisah yang di dapat salah satu pendeta asal jawa timur yang berpengaruh besar terhadap perkembangan agam hindu di Bali dan Lombok yakni Dang Hyang Dwijenda pernah mengunjungi pura batu bolong ini dalam perjalanan spiritualnya.

Hal menarik lain yang di dapat di Pura batu bolong ini yakni, walaupun pura ini adalah tempat ngaturaning bakti bagi para umat hindu. Tetapi pada saat hari raya seperti idul fitri, pura juga akan ramai di kunjungi oleh para pengunjung beragama islam yang sedang merayakan hari besar idul fitri bersama keluarga di tempat ini. Hal ini semakin menyiratkan bahwa toleransi antar umat beragama di daerah ini cuku berjalan dengan baik.

Untuk mengunjungi Pura batu bolong yang terletak di sekitar area Pantai Senggigi, Mataram, Lombok Barat, NTB ini maka pengunjung bisa mengunjunginyadengan jarak 12 km dari Kota Mataram. Selain kendaraan pribadi masih ada taksi dan kendaran umum yang bisa di jadikan pilihan untuk mengunjungi Pura. Letaknya berdekatan dengan sengigi membuat Pura ini mudah untuk di kunjungi

Tersimpan di Lokasi Wisata Dengan label:

Wisata Gili Trawangan